Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 1, 2012
I. KOMPONEN DAN EVALUASI MANAGEMEN STRATEGIK 1. Determinana Tujuan Perusahaan Perusahaan didirikan dengan berbagai tujuan pokok antara lain : - Memperoleh laba - Meningkatkan harga saham - Meningkatkan volume penjualan - Mempertahankan kelangsungan hidup. Untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, manajemen perlu memperhatikan 2 faktor yakni : a. Faktor Eksternal Merupakan lingkungan bisnis yang melengkapi operasi perusahaan yang daripadanya muncul peluang dan ancaman. Faktor ini mencakup : - Lingkungan industri - Lingkungan bisnis makro. b. Faktor Internal * Yang meliputi semua manajemen fungsional antara lain : - Manajemen Pemasaran - Manajemen Keuangan - Manajemen Operasi - Manajemen SDM - Penelitian dan pengembangan - SIM. * Budaya Perusahaan. 2. Pengertian dan Komponen Manajemen Strategik * Manajemnen strategik dapat diartikan sebagai usaha manajerial menumbuh kembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusah

Mengidentifikasi Faktor Internal dan Eksternal dengan Analisis SWOT pada Perusahaan Konveksi

Gambar
Mengidentifikasi Faktor Internal dan Eksternal dengan Analisis SWOT pada Perusahaan Konveksi PENDAHULUAN Latar Belakang Pada umumnya tujuan utama perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya, meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya.  Untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan maka diperlukan perencanaan strategi bisnis, dengan memperhatikan misi perusahaan.    Strategi untuk suatu perusahaan adalah rencana jangka panjang. Strategi ini adalah: rencana yang disatukan, artinya mengikat semua bagian perusahaan menjadi satu;  menyeluruh, artinya meliputi semua aspek penting perusahaan; dan terpadu, artinya semua bagian rencana serasi satu samal lain dan bersesuaian. Strategi menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungannya.  Sehingga sebelum perusahaan dapat memulai perumusan strateginya,  manajemen terlebih da

Teori Manajemen Strategi

Gambar
I.        KONSEP STARTEGI Pada bab ini, kami akan mengeksplorasi manajemen strategi yang dianggap sebagai satu tipe spesifik dari suatu perencanaan. Misalnya, jika ada minimal 2 perusahaan yang beroperasi dengan produk (barang dan jasa) yang sama, maka salah satu di antaranya ingin keluar sebagai pemenang dalam persaingan bisnisnya. Sebagai pemenang dalam dunia bisnis seringkali diartikan mendapat pangsa pasar (market share) terbesar yang nantinya akan mempunyai kekuatan monopoli dan jika monopoli dilarang oleh pemerintah, maka minimal perusahaan tersebut menjadi perusahaan berstatus pemimpin atau penentu harga (price setter atau price leader) . Masing-masing pihak akan selalu berusaha untuk memenangkan persaingan dan melakukan analisis tentang kekuatan (strength) , kelemahan (weakness) , peluang (opportunity) dan ancaman (threats) satu sama lain. Kelemahan dirinya dan ancaman dari perusahaan pesaing akan selalu dianalisis dan diantisipasi yang kemudian akan diperbaiki