BAB VIII PASAR GLOBAL

Perusahaan Global
perusahaan yang dengan beroperasi dilebih dari satu negara, mendapatkan keuntungan produksi, R & D, Pemasaran, dan keuangan dengan biaya dan reputasi yang tidak terjangkau oleh para pesaing  yang hanya  bermain di pasar domestik.

Industri Global

Industri dimana posisi persaingan perusahaan-perusahaan di pasar local / nasional tertentu dipengaruhi oleh posisi global mereka.

Enam keputusan penting yang dihadapi oleh pemasaran internasional
1.   Melihat lingkungan pemasaran global.
2.   Memutuskan apakah akan pergi ke pasar Internasional.
3.   Memutuskan pasar mana yang akan dimasuki.
4.   Memutuskan cara memasuki pasar
5.   Memutuskan program pemasaran global.
6.   Memutuskan Organisasi pemasaran global.

Melihat Lingkungan Pemasaran Global


Sistem Perdagangan Internasional
-         Tarif
-         Quota
-         Embargo
-         Pengendalian Devisa
-         Hambatan Perdagangan Non-Tarif
Organisasi Perdagangan Dunia dan GATT
Zona Perdagangan Bebas.
Lingkungan Ekonomi
-         Daya tarik negara untuk menjadi pasar (1) Struktur Industri,     (2) Distribusi Pendapatan.
              4 jenis Struktur Industri :
·        Perekonomian Sekedar Menyambung Hidup.
·        Perekonomian pengekspor bahan Mentah.
·        Perekonomian yang sedang melakukan Industrialisasi
·        Perekonomian Industri.

Lingkungan Politik-Hukum
·        Sikap terhadap Perdagangan Internasional
·        Birokrasi Pemerintah.
·        Stabilitas Politik.
·        Peraturan moneter suatu negara.

Lingkungan Budaya
Masing-masing negara mempunyai cara berperilaku, norma dan pantangan sendiri-sendiri. Para penjual harus mempelajari cara perpikir komsumen di negara yang berbeda-bedadan cara konsumen mengunakan produk tertentu sebelum merencanakan program pemasaran.


Memutuskan Apakah akan beroperasi secara Internasional

Tidak semua perusahaan perlu berpetualang ke pasar internasional supaya dapat bertahan.         

Memutuskan Pasar mana yang akan dimasuki


-         Sebelumnya harus mendefinisikan tujuan dan kebijakan pemasaran internasional.
-         Memilih beberapa negara yang ingin dimasuki.
-         Memutuskan negara mana yang akan dimasuki

Memutuskan cara memasuki pasar.

-         Mengekspor
-         Membentuk usaha patungan ( joint venturing ).
-         Memberi lisensi ( licensing ).
-         Pabrikasi kontrak Contract manufacturing ).
-         Kontrak manjemen ( Management contracting ).
-         Kepemilikan bersama ( Joint Ownership ).
-         Investasi Langsung ( direct Invesment ).

Memutuskan Program Pemasaran


-         Bauran Pemasaran Terstandarisasi ( standardized mix )
-         Bauran Pemasaran yang diadaptasi ( adapted Marketing Mix ).

Produk
-         Perluasan produk langsung ( straight product extention ).
-         Adaptasi produk ( produk adaption ).
-         Penemuan produk ( product invention ).

Promosi
-         Adaptaso komunikasi

Harga
-         meningkatkan harga.

Saluran Distribusi
-         Pandangan saluran keseluruhan ( whole Channael View ).
Memutuskan Organisasi Pemasaran Global.

-         Departemen Ekspor
-         Devisi International.
·        Organisasi geografis ( geographical Organization ). Dengan manajer ditiap negara bertanggung jawab atas tanaga penjualan, kantaor cabang penjualan, distributor dan pemegang lisensi di negara tempat mereka beroperasi.
·        Kelompok produk dunia ( world product group ) Yang masing-masing bertanggung jawab pada penjualan di seluruh duania atas sejumlah kelompok produk yang berbeda-beda.
·        Anak perusahaan Internasional ( International Subsidiary ). Yang masing-masing bertanggung jawab pada penjualan dan labanya sendiri.
-         Organisasi Multinasional






Referensi :
Philips Kotler & Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke-9 Jilid 2 Bab 19

Postingan populer dari blog ini

PENGUSAHA dan KEWAJIBANNYA

Mengidentifikasi Faktor Internal dan Eksternal dengan Analisis SWOT pada Perusahaan Konveksi

Jenderal Kelas Rendah