RISET DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN
A.
PENDAHULUAN
Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran.Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi.
Bagi usaha atau perusahaan besar sekelas Coca Cola aktivitas produksi ini akan dilakukan dengan sangat baik. semakin besar dan komplek perusahaan ditambah dengan meningkatnya persaingan dan perubahan lingkungan, semakin meningkatkan kebutuhan sistem informasi yang lebih formal dan sistematis.
Pemasaran adalah seperti halnya dengan ilmu pengetahuan, bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan yang sangat cepat,tidak dapat di prediksikan dengan tepat. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan lantaran dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran- terus menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman.Walaupun mengalami perubahan, pemasaran tidak bisa melepaskan diri dari tiga komponen yang selalu menyertai; konsumen, kompetitor dan perusahaan.Ketiga komponen ini yang selalu ada dalam setiap pembahasan tentang pemasaran.
Era globalisasi memberikan pengaruh cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran masa kini. Pemasaran dituntut untuk dapat memahami bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi pasar domestik dan peluang pencarian terobosan baru, dan tentu saja bagaimana perkembangan-perkembangan tersebut akan mempengaruhi Pola pemasaran perusahaan.
Banyak orang menyebut abad 21 satu ini dengan sebutan abad informasi. Sistem informasi dunia yang ditulangpunggungi oleh telekomunikasi dan komputer (internet) akan banyak mempengaruhi gaya hidup, sistem politik, kehidupan sosial-budaya, dan kecenderungan ekonomi. Masing-masing bidang banyak ditunjang dan banyak dipengaruhi oleh dunia informasi. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagin pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk-produk perusahaan tersebut.sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
Produk
Tempat
Promosi
Tempat
Promosi
Sistem informasi pemasaran terdiri dari beberapa bagian atau subsistem antara lain:
1. Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon
pelanggan
dan calon pelanggan.
2. Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg
berhubungan
dg pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap
pesaing.
3. Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4. Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.
5. Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.
6. Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.
7. Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8. Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan..Perilaku pasca pembelianü
Setelah membeli produk konsumen akan mengalami beberapa tingkat kepuasan maupun ketidakpuasan.tingkat kepuasan orang akan selalu berubah dan tingkat kepuasan masyarakat tidak terbatas.
Kepuasan
pembeli adalah sebuah fungsi dari jauh dekatnya produk menurut pengharapan dan
pandangan prestasi konsumen.ada beberapa penyebab terjadinya ketidakpuesan
konsumen antara lain:
1.Tidak cukupnya informasi pemasaran yang benar.
2. Terlalu banyakya informasi pemasaran yang salah.
3. Informasi yang penting selaludatang terlambat.
4. Sulit mengetahui apakah informasi yang tersebar benar atau salah.
Clindiff
dan kawan-kawan menekankan tga pemasalahan yang di analisis dengan informasi
pemasaran adalah:
1. Kaitan informasi pemasaran dengan kepuasan-kepuasan.
2. Sistam informasi pemasaran.
3. Sumber informasi pemasaeran.
B. KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Ketiga permasalahan yang ditekankan oleh clindiff di atas adalah apa
yang
oleh kotler dibahas dalam komponen informasipemasaran.keterkaitan antara
sumber-sumber informasi pemasaran dan kepuasan pemasaran di jembatani oleh
sistem informasi
pemasaran.
Informasi yang ada pasti akan di serahkan kepada manajer pemasaran sebagai bahan dalam proses perencanaan,pelaksanaan, dan pengendalian pemasaran.lalu semua keputusan akan di alirkan ke pasar.
a.
Sistem akuntansi intern
System
informasi intern adalah system yang paling mendasar yang digunakan oleh para
kesekutif pemasaran.dalam system ini yang dilaporkan adalah pesanan,
penjualan,tingkat persediaan,hutang,piutang, dan lain-lain.
Tiga
hal pokok yang akan menjadi perhatian dalam system akuntansi intern adalah
sebagai berikut:
Siklus
pesan – kirim – tagih.
Meningkatkan
ketetapan waktu laporan penjualan.
Melaporkan
system laporan yang berorientasi pada pemakai.
Ada kalanya perusahaan terperangkap dalam membuat rancangan system informasipenjual yang di harapkan akan mapan.
upaya
perusahaan adalah menghindari perangkap tersebut adalah:
Mengatur kembali system agar berkerja lebih baik dan informasi atau datayang di hasilkan tidak terlalu banyak.
System
yang di hasilkan terlalu baru sehingga mengakibatkan manajer berkelebihan dalam
menanggapinya.
Maka dari itu ada beberapa perusahaan membentuk panitia perencanaan informasi pemasaran yang bertugas mewawancarai pejabat-pejabat perusahaan misalkan manajer purusahaan.
b. Sistem inteljen pemasaran
Sistem inteljen pemasaran adalah perangkat prosedur dan sumber yang dimanfaatkan oleh manajemen untuk emperoleh informasi harian mengenal perkembangan penting dan berkaitan pada lingkungan pemasaran.
Menurut aguilar,eksekutif pemasaran dapat membaca situasi melalui empat cara yaitu:
Pengamatan tanpa arah yaitupenyingkapan informasi secara umum tanpa tujuan yang jelas.
Pengamatan terarah yaitu penyingkapan tanpa melakukan penelitian aktif pada informasi yang kurang jelas indentifikasinya.
Pengamatan
tidak formal yaitu usaha yang relatif terbatas dan kurang sistematis untuk
mendapat informasi khusus atau informasi bagi kepentingan khusus.
Pengamatan formal yaituusaha yang di adakanè secara teliti sesudah disusun suatu rencana,prosedur amupun metodologinya dimana usahanya ditujukan untuk mancari dukungan bagi informasi tertentu yang berkaitan dengan masalah tertentu.
Dalam mengatasi kekurangan pada suatu perusahaan untuk kehilangan informasi yang berharga dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Melatih dan memotivasi tenaga penjualnya agar mereka melihat sendiri dan melaporkan segala perkembangan yang terjadi.
Perusahaan
mengajak para distributor,pengecer dan semua penyalurnya agar menyampaikan
informasi yang penting kepada perusahaan.
Perusahaan dapat membeli informasi dari luar misalkan perusahaan yang menjual data bulanan.
Perusahaan membentuk pusat-pusat informasi untuk menghimpun dan mengedarkan informasi pemasarannya dengan membaca publikasi-publikasi yang penting kemudian mengiktisarikannya berita yang relevan yang akan diserahkan kepada manajer pemasaran.
c. Sistem riset pemasaran
Sistem riset pemasaran di perlukan jika manajemen menginginkan suatu studi yang terarah pada permasalahan dan peluang khusus.
d. Sistem pemasaran analisis
Sistem pemasaran analisis adalah teknik-teknik lanjutan untuk menganalisis data dan persoalan-persoalan yang terjadi pada pemasaran.sistem ini berisi beberapa bagian yaitu:
Bank
statistik adalah sekumpulan prosedur statistik untuk mengubah data menjadi
informasi yang lebih berarti.
prosedur
yang dilakukan adalah menghitung rata-rata,penyebaran, dan tabulasi silang.
alat
yang digunakan adalah analisis regresi ganda.
Bank model adalah model yang berfungsi untuk membantu para pejabat pemasaran dalam mengembangkan keputusan pemasaran yang lebih baik.model-model yang tersedia dibagi kedalam beberapa bagian antara lain:
Model diskritif,tujuan model ini adalah untuk berkomunikasi,meramalkan, dan menjelaskan.model ini berisi beberapa model antara lain:
Model
makro adalah model yang terdiri dari§
sedikit variabel dan sekumpulan hubungan timbal-balik di antara
variabel-variabel tersebut.contoh dari salah satu variabel itu adalah variabel
penjualan.
Model
makro analisis,model ini lebih banyak§
mengungkapkan kaitan antara satu variabel yang dependen dengan faktor-faktor
penentunya.
Model
microbehavioral,model ini membuat§
beberapa hipotesis yang saling mempengaruhi dan menimbulkan satu pola perilaku
untuk kemudian dianalisis.
Model
keputusan,model ini§
diadakan untuk membantupara manjer dalam menilai beberapa alternatif dan
kemudian mengambil atau membuat keputusan.
C. RISET PEMASARAN
C. RISET PEMASARAN
Riset pemasaran adalah pengumpulan,pencatatan dan penganalisisan sistematis akan data-data mengenai masalah-masalah pemasaran guna mempermudah dalam pengambilan keputusan.
1. Riset pemasaran dan sistem informasi pemasaran.
Riset
ini merupakan komponen vital dalam suatu marketing mix dan menyediakan suatu
landasan bagi perencanaan dan pelaksanaan program pemasaran.
2.
Ruang lingkup riset pemasaran
Ruang lingkup ini di bagi oleh beberapa kategori:
a) Analisis pengukuran pasar,tujuan analisis ini adalah memperoleh data-data kuantitatif tentang permintaan potensial yaitu berapa banyak suatu produk tertentu dapat terjual kepada pasar individu selama satu periode yang akan datang dan menuntut penerapan metode pemasaran yang benar dan yang layak.
b) Analisis pengaruh faktor terkendali,bagian riset pemasaran ini memusatkan perhatian pada pengaruh faktor yag terkendali yaitu produk,distribusi,promosi dan harga.
c) Analisis situasi persaingan,banyak perusahaan yang ada menekankan analisis ini yang di pakai dikarenakan analisis pengukuran bagian pasar yang menjadi milik prodoknya jauh lebih dikenal daripada penilaian kekuatan dan kelemahan produk pesaing,penilaian efek pemasaran produk pesaing,damak perubahan produk pesaing, dan panilaian dan perubahan dalam perubahan periklanan pesaing.
D. PROSEDUR RISET PEMASARAN
Salah satu prosedur dalam riset ini yaitu manajer pemasaran harus memperhatikan lingkungan pemasaran harus memperhatikan lingkungan perusahaan yang sedang berjalan karena keefektifan riset ini yang tergantung pada kepekaan terhadap kecenderungan dalam perekonomian.prosedur riset pemasaran dilakukan juga dalam beberapa kegiatan yaitu
1) Identifikasi masalah dan riset pemasaran
Kegiatan
ini bertujuan untuk menganalisis masalah-masalah yang sedang terjadi dalam
perusahaan dan juga pemasaran yang sedang berjalan secara efektif kegiatan
perekonomiannya.
2) Penjajakan pendahuluan dan analisis situasi
2) Penjajakan pendahuluan dan analisis situasi
Dalam
melakukan penjajakan ini para peneliti menyadap data yang langsung
tersedia.mereka memeriksa catatan perusahaan seperti penjualan,keuangan dan
produksi yang dapat membuat masalah menjadi lebih jelas
3)
Perncanaan proyek bagi riset pemasaran
Tujuan
melakukan kegiatan ini agar riset yang dilakukan lebih matang dan juga lebih
terkontrol kegiatan riset yang akan dilakukan.
Setelah ketiga langkah-langakah kegiatan di atas di dilalui dengan baik,maka akan ditentukan sasaran-sasaran penelitian.sasaran penelitian yang akan dicapai perusahaan dalam kasus periklanan yang di wujudkan dalam hipotesa yaitu:
Mengurangi pengeluaran dalam surat kabar
Menambahperiklanan
dalam radio
Putusan perencanaan yang kedua adalah menetapkan informasi khusus yang dibutuhkan guna mencapai sasaran penelitian
E. PENENTUAN SUMBER INFORMASI
I. Informasi sekunder
Sumber data in formasi ini adalah dari sensus yang dilakukan oleh pemerintah.informasi intern dari catatan perusahaan,faktur-faktur dan lain sebagainya.sensus yang dilakukan tentang banyaknya konsumen dalam melakukan kegiatan konsumen suatu produk.
II. Metode survey
Dalam metode ini informasi langsung bersumber dari responden melalui wawancara pribadi,tanya jawab yang berupa quisioner,atau wawancara melalui telepon.metode ini memiliki beberapa kegunaan yaitu:
Mengumpulkan fakta dari pada responden.è
Melaporkan pendapat mereka.è
Menjajaki pendapat atau pemikiran mereka berikan terhadap berbagai masalah yang terjadi.è
III. Wawancara tidak langsung
Dalam kegiatan ini informasi bersumber dari diskusi kelompok yang dibentuk sehingga akan muncul informasi dari hasil diskusi yang dilakukan.
IV. Metode observasi
Dalam metode ini informasi bersumber dari pengamatan situasi dan merekam perilaku konsumen dalam suatu pemasaran.
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Sesuai perkembangan
sekarang, perusahaan yg menggunakan TPS( transaction processing unit,
database yag ada dapat digabungkan dg database non transaksi yg berasal dari
sistem informasi fungsional. Gabungan database ini dapat digunakan oleh manajer
semua level untuk memebuat laporan, salah satu sistem fungsional yg akan kita
bahas sekarang adalah sistem informasi pemasaran.
Sistem
informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagin pemasaran dalam sebuah
perusahaan untuk memesarkan produk2 perusahaan tersebut.sistem informasi ini
merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:
1. Produk
2. Tempat
3. Promosi
4. Harga
produk
menurut
mcleod(2000), sistem informasi pemasaran terdiri dari beberapa subsistem antara
lain:
1. Subsistem
riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan
analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan.
2. Subsistem
informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dg pengumpulan,
pencatatan dan analisis terhadap pesaing.
3. Subsistem
pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.
4. Subsistem
produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.
5. Subsistem
tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai
dg pelemparan produk yg dihasilkan.
6. Subsistem
promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk
meningkatkan penjualan.
7. Subsistem
harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.
8. Subsistem
peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.
PROSES
RISET PEMASARAN
Proses riset pemasaran terdiri dari
empat langkah : merumuskan masalah dan sasaran riset, mengembangkan rencana
riset, mengimplementasikan rencana riset, dan menginterpretasikan serta
melaporkan hasil temuan.
MERUMUSKAN MASALAH DAN SASARAN RISET
Manajer harus cukup mempunyai
pengetahuan mengenai riset pemasaran untuk membantu perencanaan dan dalam
menginterpretasikan hasil riset.Peneliti pemasaran berpengalaman yang memahami
masalah manjer juga harus dilibatkan dalam tahap ini.Peneliti harus mampu
membantu manajer merumuskan masalah dan memberi gambaran bagaimana riset dapat
membantu manajer mengambil keputusan lebih baik.
Proyek riset pemasaran biasanya
mempunyai satu dari tiga jenis sasaran. Sasaran riset penjajakan adalah untuk
mengumpulkan informasi pendahuluan yang akan membantu merumuskan masalah dan
saran hipotesis yang lebih baik. Sasaran riset deskriptif adalah untuk
menguraikan masalah pemasaran, situasi pemasaran, atau pasar seperti potensi
pasar untuk suatau produk atau demografi dan sikap konsumen.Sasaran riset
sebab-akibat adalah untuk menguji hipotesis mengenai hubungan sebab dan akibat.
MENGEMBANGKAN RENCANA RISET
Langkah kedua dari proses riset
pemasaran menuntut penetapan informasi yang diperlukan, mengembangkan rencana
untuk mengumpulkan secara efisien, dan menyajikan rencana itu kepada manajemen
pemasaran. Rencana mengembangkan sumber data yang sudah ada dan menyatakan
pendekatan riset spesifik, metode kontak, rencana mengambil sampel dan
instrumen yang akan dipergunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data baru.
Mengumpulkan Informasi Sekunder
Untuk memenuhi kebutuhan informasi
para manajer, peneliti dapat mengumpulkan data sekunder, data primer, atau
keduanya. Data sekunder terdiri dari informasi yang sudah ada di suatu tempat,
yang telah dikumpulkan untuk tujuan lain. Data primer terdiri dari informasi
yang dikumpulkan untuk tujuan khusus yang telah ditentukan.
Merencanakan Pengumpulan Data Primer
Keputusan yang baik memerlukan data
yang baik.Sama seperti para peneliti harus mengevaluasi secara hati-hati mutu
informasi sekunder, mereka juga harus berhati-hati ketika mengumpulkan data
primer untuk memastikan bahwa informasi itu relevan, akurat, mutakhir, dan
tidak bias.
Bahwa merancang rencana pengumpulan
data primer memerlukan sejumlah keputusan menyangkut pendekatan riset,
metode kontak, rencana pengambilan sampel dan instrumen riset.
Riset pengamatan adalah pengumpulan
data primer dengan mengamati orang, tindakan, dan situasi yang relevan. Metode
kontak adalah informasi dapat dikumpulkan lewat surat, telepon, atau wawancara
tatap muka.
Rencana pengambilan sampel.Peneliti
pemasaran biasanya mengambil kesimpulan mengenai kelompok konsumen (jumlahnya
banyak) dengan memepelajari sampel dari populasi seluruh konsumen (jumlahnya
sedikit).
Suatu sampel adalah segmen dari
populasio terpilih untuk mewakili populasi secara keseluruhan.Instrumen
penelitian.Untuk mengumpulkan data primer, peneliti pemasaran mempunyai dua
instrumen riset utama-kuesioner dan peralatan mekanik.
Menyajikan rencana riset
Pada tahap ini, peneliti pemasaran
harus meringkaskan rencana dalam sebuah proposal tertulis. Proposal harus
mencakup masalah manajemen yang dituju dan sasaran riset, informasi yang harus
diperoleh, sumber informasi sekunder atau metode untuk mengumpulkan data
primer, dan caranya hasil akan membantu pengambilan keputusan manajemen.
Rencana atau proposal riset tertulis memastikan bahwa manajer pemasran dan
peneliti mempertimbangkan semua aspek penting dari riset, serta bahwa mereka
sepakat tentang mengapa dan bagaimana riset akan dilakukan.
MENGIMPLEMENTASIKAN RENCANA RISET
Peneliti kemudian
mengimplementasikan rencana pemasaran.Termasuk disini, mengumpulkan, mengolah,
dan menganalisis informasi. Peneliti harus mengawasi pekerjaan lapangan dengan
ketat untuk memastikan bahwa rencana diimplementasikan dengan benar dan untuk
menghindari masalah dengan kontak responden, denganresponden yang menolak
bekerja sama atau yang memeberikan jawaban bias atau tidak jujur, serta dengan
pewawancara yang melakukan kesalahan atau mengambil jalan pintas.
Peneliti harus mengolah dan
menganalisis data yang dikumpulkan untuk mengisolasikan informasi dan hasil
temuan penting.Mereka harus memeriksa data dari kuesioner untuk akurasi dan
kelengkapan serta memberi kode untuk analisis komputer. Peneliti kemudian
melakukan tabulasi hasil dan menghitung rata-rata serta mengukur statistik yang
lain.
MENGINTERPRETASIKAN SERTA MELAPORKAN HASIL TEMUAN
Kemudian peneliti harus
menginterpretasikan hasil temuan, menarik kesimpulan dan melaporkannya kepada
manajemen.Peneliti tidak boleh mencoba untuk menimbun manajer dengan angka dan
teknik statistik yang canggih.Sebaliknya, peneliti harus menyajikan hasil
temuan penting yang bermanfaat untuk mengambil keputusan penting yang dihadapi
oleh manajemen.
Interpretasi merupakan tahap yang
penting dalam proses pemasaran. Riset yerbaik tiddak berarti apa-apa bila
manajer menerima begitu saja interpretasi salah dari peneliti. Jadi, manajer
dan peneliti harus erat bekerja sama ketika membuat interpretasi hasil riset
dan keduanya harus sama-sama bertanggungjawab atas proses riset dan keputusan
hasil.