BAB VII PEMASARAN LANGSUNG DAN ON-LINE
1. Apa itu Pemasaran Langsung
2. Manfaat dan
Pertumbuhan Pemasaran Langsung
3. Basis Data
Pelanggan dan Pemasaran Langsung
4. Bentuk
Pemasaran Langsung
5. Pemasaran
Online dan Perdagangan Elektronik
6. Pemasaran
Langsung Terpadu
7. Kebijakan
Publik dan Isu Etis dalam Pemasaran Langsung
1. Apa Itu Pamasaran Langsung ?
Pemasaran
Langsung adalah komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik
secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan
pelanggan yang berlangsung lama emasaran Langsung dari Dell Computer yang unik
banyak diminati pelanggan, alasan :
1.
Harga wajar untuk
kinerja tinggi (price for performance)
2.
Kostumisasi
(Customization)
3.
Layanan dan dukungan
(service and support)
4.
Teknologi Terkini
(latest technology)
5.
Nilai yang unggul bagi
pemegang saham (superior shareholders value)
2. Manfaat Pemasaran Langsung
Ø Manfaat
bagi Pembeli :
·
Nyaman
·
Mudah dan bersifat
pribadi
·
Akses dan pilihan
produk (product access and selection)
·
Interaktif dan segera
Ø Manfaat
bagi Penjual :
·
Alat yg ampuh untuk
pembentukan hubungan dengan konsumen
·
Dapat ditentukan
waktunya untuk menjangkau calon pelanggan
·
Menurunkan biaya dan
meningkatkan kecepatan dan efisiensi
·
Fleksibilitas
3. Basis Data Pelangan dan Pemasaran Langsung
Basis Data
Pelanggan adalah kumpulan yangterorganisir atas data yang menyeluruh
tentangpelanggan atau calon pelanggan individu, yg meliputi data geografis,
demografis, pskiografis dan perilaku.
Pemasaran
berdasar basis data (database marketing) adalah proses membangun, memelihara
dan menggunakan basis data pelanggan dan basis data lain (produk,
pemasok,pedagang perantara) dengan tujuan melakukankontak dan transaksi dengan
pelanggan.
Tabel :
Pemasaran Massal dibandingkan Pemasaran satu lawan satu
Pemasaran
Massal
|
Pemasaran
Satu lawan satu
|
Pelanggan tidak dikenali namanya Profil pelanggan
ada
|
Pelanggan pada umumnya Pelanggan individu
|
Produksi massal Produksi dirancang sesuai
kebutuhan
|
Produk standar Tawaran pasar dirancang sesuai
kebutuhan
|
Distribusi massal
|
Distribusi dibikin pribadi
|
Pemasangan iklan massal
|
Pesan pribadi
|
Promosi massal
|
Insentif yang dirancang untuk individu
|
Pesan satu arah
|
Pesan dua arah
|
Skala ekonomi
|
Lingkup ekonomi
|
Pangsa pasar
|
Pangsa pelanggan
|
Semua pelanggan
|
Pelanggan yang mendatangkan laba
|
Menarik pelanggan
|
Mempertahankan pelanggan
|
Sumber :
diadaptasi dari Don Peppers dan Martha Rogers, 1993
Ø Perusahaan-perusahaan
menggunakan basis data dalam empat cara :
1.
Mengidentifikasi calon
pelanggan
2.
Memutuskan pelanggan
mana yang akan menerima tawaran khusus
3.
Memperdalam kesetiaan
pelanggan
4.
Mengidentifikasikan
kembali pembelian pelanggan
4. Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
1.
Pemasaran Tatap Muka
(face to face selling)
2.
Pemasaran Jarak Jauh
(Telemarketing)
3.
Pemasaran Melalui Surat
Langsung
4.
Pemasaran melalui
Katalog
5.
Pemasaran melalui
Televisi yg menghasilkan tanggapan langsung
6.
Pemasaran melalui kios
(Kiost Marketing)
7.
Pemasaran secara online
5. Pemasaran Online dan Perdagangan Elektronik
Pemasaran secara
Online dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan
pelanggan dengan penjual secara elektronik.
Ø Jenis saluran pemasaran
online :
1.
Layanan
Online Komersial
Layanan yg menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yg membayar biaya bulanan .
Layanan yg menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yg membayar biaya bulanan .
2.
Internet
Web global jaringan komputer yg luas dan berkembang pesat yg tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
Web global jaringan komputer yg luas dan berkembang pesat yg tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
3.
Perdagangan
Elektronik (e-commerce)
Adalah
istilah umum untuk proses membeli dan menjualyg didukung oleh sarana-sarana
elektronik.
4.
Pasar
Elektronik adalah Ruang Pasar (Marketspace)
Marketplace
adalah di mana penjual menawarkan produk-produk dan jasa mereka secara elektronis,
dan pembeli mencari informasi, mengidentifikasi apa yg mereka inginkan, dan
memesandengan menggunakan kartu kredit atau sarana pembayaran elektronik lain.
5.
Konsumen
Online
Internet
tidak lagi menjadi tempat bermain para jago komputer. Semua orang bisa masuk ke
internet.
Ø Melakukan Pemasaran
Online
A.
menciptakan kehadiran
online elektronik
B.
memasang iklan secara
online
C.
berpartisipasi dalam
forum-forum internet
D.
menggunakan surat
elektronik online atau Webcasting
(A). Menciptakan Kehadiran Online Elektronik
a. Membeli
ruang di layanan online komersial :
·
penyewaan ruang
penyimpanan di komputer milik penyedia jasa online
·
penciptaan link
komputer milik sendiri ke pusat belanja layanan online.
b.
Membuka situs internet
sendiri
–
Situs Internet
Perusahan (corporate Web site)
Situs internet yg berusaha membangun nama baik pelanggan dan berusaha melengkapi saluran-saluran penjualan lain bukannya menjual produk perusahaan tersebut secara langsung,
Isi dari Situs ini :
Situs internet yg berusaha membangun nama baik pelanggan dan berusaha melengkapi saluran-saluran penjualan lain bukannya menjual produk perusahaan tersebut secara langsung,
Isi dari Situs ini :
·
Umumnya memberikan
informasi tentang sejarah perusahaan, misi dan filosofi, Produk serta layanan
yg ditawarkan.
·
event yg sedang
berlangsung, personalia perusahan, kinerja keuangan dan peluang kerja
·
Fitur-fitur hiburan
untuk menarik dan mempertahankan pengunjung
·
Memberikan peluang kpd
pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau komentar melalui email sebelum
meninggalkan situs tsb.
–
Situs Internet
Pemasaran (marketing Web site)
Dirancang untuk melibatkan konsumen dalam interaksi yg akan menggerakkan mereka lebih dekat ke pembelian atau hasil pemasaran yg lain.
Isi situs ini :
Dirancang untuk melibatkan konsumen dalam interaksi yg akan menggerakkan mereka lebih dekat ke pembelian atau hasil pemasaran yg lain.
Isi situs ini :
·
Katalog
·
Tip-tip belanja
·
Fitur-fitur promosi :
kupon, event penjualan atau kontes
Perusahaan
secara agresif mempromosikan situs internet pemasaranmelalui pemasangan iklan
cetak dan televisi serta melalui papaniklan di situs (banner to size ads) yg muncul
di situs internet lain.
(B). Menempatkan Iklan Online
Iklan Online
(online ads) adalah iklan yg muncul ketika para pelangganmenjelajahi layanan
online atau situs internet, yg meliputi papan iklan, jendelatimbul tenggelam (pop-up
windows) dan roadblock
(C). Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan
masyarakat internet
a.
Kelompok Berita
(newsgroup)
Kelompok
yg terbatas pd orang-orang yg memasang dan membaca pesan tentang topik khusus.
b.
Sistem Papan Buletin
(Bulletin board system – BBS)
adalah
layanan online khusus yg memusatkan pada topik atau kelompok tertentu.
c.
Masyarakat internet
(Web Communities)
adalah
tempat dimana semua orang dapat mengetahui alamat email anda.
(D). Menggunakan E-mail dan Webcasting
E-mail
dipergunakan perusahaan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk
mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dg cepat
perwakilan layanan pelanggan akan menanggapi berbagaipesan itu.
Webcasting
adalah pen-download-an secara otomatis informasi yg diminati ygsudah
dikustomisasi ke PC si penerima, yg membuat saluran yg menarik mampu mengirimkan
pemasangan iklan internet atau isi informasi lain. Webcasting jg dikenal dg
push programming, membuat saluran menarik ygdigunakan pemasar online mampu
mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain
ð Janji dan Tantangan
Pemasaran Online
–
Tantangan yg dihadapi
pemasar online :
1.
Keterpaparan dan
pembelian konsumen yg terbatas
2.
Demografis dan
psikografis pengguna menjadi menyimpang
3.
Kekacauan dan
kesemrawutan
4.
Keamanan
5.
Kepedulian etis
6. Pemasaran Langsung Terpadu
Pemasaran
Langsung Terpadu (Integrated Direct Marketing) adalah kampanye pemasaran
langsung yg menggunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat
tanggapan dan laba.
Kampanye
Pemasaran Langsung yg Terpadu adalah Iklan yg dibayarkan beserta saluran
tanggapannya Surat langsung Pemasaran Jarak jauh ke luar kunjungan penjualan
tatap muka Komunikasi yg berkesinambungan.
7. Kebijakan Publik dan Isu Etis Dalam Pemasaran
Langsung
Isu-isu
Pelanggaran Privasi :
–
Ekses-ekses pemasaran langsung
kadang mengganggu dan menyinggung perasaaan konsumen.
–
Panggilan telepon larut
malam atau saat orang sedang sibuk
–
Penyerangan Privasi
–
Data calon pelanggan
dimasukkan ke dalam data base perusahaan, yg sewaktu-waktu dapat dipergunakan
dan disalahgunakan sehingga dapat mengganggu privasi calon /konsumen ybs.