BAB VII PEMASARAN LANGSUNG DAN ON-LINE


1. Apa itu Pemasaran Langsung
2. Manfaat dan Pertumbuhan Pemasaran Langsung
3. Basis Data Pelanggan dan Pemasaran Langsung
4. Bentuk Pemasaran Langsung
5. Pemasaran Online dan Perdagangan Elektronik
6. Pemasaran Langsung Terpadu
7. Kebijakan Publik dan Isu Etis dalam Pemasaran Langsung
1. Apa Itu Pamasaran Langsung ?
Pemasaran Langsung adalah komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama emasaran Langsung dari Dell Computer yang unik banyak diminati pelanggan, alasan :
1.      Harga wajar untuk kinerja tinggi (price for performance)
2.      Kostumisasi (Customization)
3.      Layanan dan dukungan (service and support)
4.      Teknologi Terkini (latest technology)
5.      Nilai yang unggul bagi pemegang saham (superior shareholders value)
2. Manfaat Pemasaran Langsung
Ø  Manfaat bagi Pembeli :
·         Nyaman
·         Mudah dan bersifat pribadi
·         Akses dan pilihan produk (product access and selection)
·         Interaktif dan segera

Ø  Manfaat bagi Penjual :
·         Alat yg ampuh untuk pembentukan hubungan dengan konsumen
·         Dapat ditentukan waktunya untuk menjangkau calon pelanggan
·         Menurunkan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
·         Fleksibilitas
3. Basis Data Pelangan dan Pemasaran Langsung
Basis Data Pelanggan adalah kumpulan yangterorganisir atas data yang menyeluruh tentangpelanggan atau calon pelanggan individu, yg meliputi data geografis, demografis, pskiografis dan perilaku.
Pemasaran berdasar basis data (database marketing) adalah proses membangun, memelihara dan menggunakan basis data pelanggan dan basis data lain (produk, pemasok,pedagang perantara) dengan tujuan melakukankontak dan transaksi dengan pelanggan.
Tabel : Pemasaran Massal dibandingkan Pemasaran satu lawan satu
Pemasaran Massal
Pemasaran Satu lawan satu
Pelanggan tidak dikenali namanya Profil pelanggan ada
Pelanggan pada umumnya Pelanggan individu
Produksi massal Produksi dirancang sesuai kebutuhan
Produk standar Tawaran pasar dirancang sesuai kebutuhan
Distribusi massal
Distribusi dibikin pribadi
Pemasangan iklan massal
Pesan pribadi
Promosi massal
Insentif yang dirancang untuk individu
Pesan satu arah
Pesan dua arah
Skala ekonomi
Lingkup ekonomi
Pangsa pasar
Pangsa pelanggan
Semua pelanggan
Pelanggan yang mendatangkan laba
Menarik pelanggan
Mempertahankan pelanggan
Sumber : diadaptasi dari Don Peppers dan Martha Rogers, 1993
Ø  Perusahaan-perusahaan menggunakan basis data dalam empat cara :
1.      Mengidentifikasi calon pelanggan
2.      Memutuskan pelanggan mana yang akan menerima tawaran khusus
3.      Memperdalam kesetiaan pelanggan
4.      Mengidentifikasikan kembali pembelian pelanggan
4. Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
1.      Pemasaran Tatap Muka (face to face selling)
2.      Pemasaran Jarak Jauh (Telemarketing)
3.      Pemasaran Melalui Surat Langsung
4.      Pemasaran melalui Katalog
5.      Pemasaran melalui Televisi yg menghasilkan tanggapan langsung
6.      Pemasaran melalui kios (Kiost Marketing)
7.      Pemasaran secara online
5. Pemasaran Online dan Perdagangan Elektronik
Pemasaran secara Online dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik.
Ø  Jenis saluran pemasaran online :

1.      Layanan Online Komersial
Layanan yg menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yg membayar biaya bulanan .

2.      Internet
Web global jaringan komputer yg luas dan berkembang pesat yg tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.
3.      Perdagangan Elektronik (e-commerce)
Adalah istilah umum untuk proses membeli dan menjualyg didukung oleh sarana-sarana elektronik.
4.      Pasar Elektronik adalah Ruang Pasar (Marketspace)
Marketplace adalah di mana penjual menawarkan produk-produk dan jasa mereka secara elektronis, dan pembeli mencari informasi, mengidentifikasi apa yg mereka inginkan, dan memesandengan menggunakan kartu kredit atau sarana pembayaran elektronik lain.
5.      Konsumen Online
Internet tidak lagi menjadi tempat bermain para jago komputer. Semua orang bisa masuk ke internet.
Ø  Melakukan Pemasaran Online
A.    menciptakan kehadiran online elektronik
B.     memasang iklan secara online
C.     berpartisipasi dalam forum-forum internet
D.    menggunakan surat elektronik online atau Webcasting
(A). Menciptakan Kehadiran Online Elektronik
a.       Membeli ruang di layanan online komersial :
·         penyewaan ruang penyimpanan di komputer milik penyedia jasa online
·         penciptaan link komputer milik sendiri ke pusat belanja layanan online.
b.      Membuka situs internet sendiri
        Situs Internet Perusahan (corporate Web site)
Situs internet yg berusaha membangun nama baik pelanggan dan berusaha melengkapi saluran-saluran penjualan lain bukannya menjual produk perusahaan tersebut secara langsung,
Isi dari Situs ini :
·         Umumnya memberikan informasi tentang sejarah perusahaan, misi dan filosofi, Produk serta layanan yg ditawarkan.
·         event yg sedang berlangsung, personalia perusahan, kinerja keuangan dan peluang kerja
·         Fitur-fitur hiburan untuk menarik dan mempertahankan pengunjung
·         Memberikan peluang kpd pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau komentar melalui email sebelum meninggalkan situs tsb.
        Situs Internet Pemasaran (marketing Web site)
Dirancang untuk melibatkan konsumen dalam interaksi yg akan menggerakkan mereka lebih dekat ke pembelian atau hasil pemasaran yg lain.
Isi situs ini :
·         Katalog
·         Tip-tip belanja
·         Fitur-fitur promosi : kupon, event penjualan atau kontes
Perusahaan secara agresif mempromosikan situs internet pemasaranmelalui pemasangan iklan cetak dan televisi serta melalui papaniklan di situs (banner to size ads) yg muncul di situs internet lain.
(B). Menempatkan Iklan Online
Iklan Online (online ads) adalah iklan yg muncul ketika para pelangganmenjelajahi layanan online atau situs internet, yg meliputi papan iklan, jendelatimbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock
(C). Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet
a.       Kelompok Berita (newsgroup)
Kelompok yg terbatas pd orang-orang yg memasang dan membaca pesan tentang topik khusus.
b.      Sistem Papan Buletin (Bulletin board system – BBS)
adalah layanan online khusus yg memusatkan pada topik atau kelompok tertentu.
c.       Masyarakat internet (Web Communities)
adalah tempat dimana semua orang dapat mengetahui alamat email anda.
(D). Menggunakan E-mail dan Webcasting
E-mail dipergunakan perusahaan untuk mendorong calon pelanggan dan pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentangperusahaan. Dg cepat perwakilan layanan pelanggan akan menanggapi berbagaipesan itu.
Webcasting adalah pen-download-an secara otomatis informasi yg diminati ygsudah dikustomisasi ke PC si penerima, yg membuat saluran yg menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain. Webcasting jg dikenal dg push programming, membuat saluran menarik ygdigunakan pemasar online mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isi informasi lain
ð  Janji dan Tantangan Pemasaran Online

        Tantangan yg dihadapi pemasar online :
1.      Keterpaparan dan pembelian konsumen yg terbatas
2.      Demografis dan psikografis pengguna menjadi menyimpang
3.      Kekacauan dan kesemrawutan
4.      Keamanan
5.      Kepedulian etis
6. Pemasaran Langsung Terpadu
Pemasaran Langsung Terpadu (Integrated Direct Marketing) adalah kampanye pemasaran langsung yg menggunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.
Kampanye Pemasaran Langsung yg Terpadu adalah Iklan yg dibayarkan beserta saluran tanggapannya Surat langsung Pemasaran Jarak jauh ke luar kunjungan penjualan tatap muka Komunikasi yg berkesinambungan.
7. Kebijakan Publik dan Isu Etis Dalam Pemasaran Langsung
Isu-isu Pelanggaran Privasi :
        Gangguan, Ketidakjujuran, Penipuan dan Kecurangan
        Ekses-ekses pemasaran langsung kadang mengganggu dan menyinggung perasaaan konsumen.
        Panggilan telepon larut malam atau saat orang sedang sibuk
        Penyerangan Privasi
        Data calon pelanggan dimasukkan ke dalam data base perusahaan, yg sewaktu-waktu dapat dipergunakan dan disalahgunakan sehingga dapat mengganggu privasi calon /konsumen ybs.

Postingan populer dari blog ini

PENGUSAHA dan KEWAJIBANNYA

Mengidentifikasi Faktor Internal dan Eksternal dengan Analisis SWOT pada Perusahaan Konveksi